Perkebunan Sawit dan Isu Lingkungan

Sudah lama usaha perkebunan kelapa sawit menjadi sorotan para pecinta lingkungan sebagai salah satu sebab kerusakan lingkungan. Menurut laporan dari Greenpeace, perkebunan kelapa sawit merupakan penyebab deforestasi terbesar di Indonesia antara tahun 2009 hingga tahun 2011. Deforestasi menjadi ancaman bagi kelangsungan hidup berbagai spesies, semisal Orang Utan dan Harimau Sumatera. Tentu saja hal seperti ini bukan hal baru dan juga disadari oleh para pengusaha kelapa sawit. Asosiasi semacam RSPO berusaha menyelesaikan masalah ini dengan melakukan usaha perkebunan kelapa sawit yang ramah terhadap lingkungan.

Lahan Sawit di Riau

Lahan Sawit di Riau

Pada tahun 2011, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan peraturan dalam rangka mengurangi tingkat deforestasi, yaitu dengan melarang pembukaan lahan baru hingga tahun 2015. Banyak LSM tidak puas dengan aturan ini, akan tetapi Indonesian Sustainable Palm Oil Commission menyatakan bahwa aturan ini cukup efektif, meskipun deforestrasi masih tetap terjadi.

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) membuat tulisan berjudul Indonesia and Palm Oil Plantations Amid Global Environmetal Issues yang membahasa masalah ini. GAPKI juga membuat video dokumenter yang menyatakan komitmen terhadap lingkungan dalam usaha perkebunan kelapa sawit.

1 comment for “Perkebunan Sawit dan Isu Lingkungan

  1. Eka
    August 26, 2014 at 6:44 pm

    Diharapkan bisa membantu perekonomian masyarakat menjadi lebih Baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *