Mengenal RSPO

Roundtable on Sustainable Palm Oil atau disingkat RSPO adalah sebuah asosiasi yang tersusun atas organisasi – organisasi dari berbagai sektor industri kelapa sawit, mulai dari produsen minyak sawit, pengolah dan pedagang minyak sawit, retailer, investor, dan berbagai LSM di bidang konservasi lingkungan. RSPO didirikan pada tahun 2004 dengan tujuan untuk mempromosikan pertumbuhan dan penggunaan produk kelapa sawit melalui standar global yang kredibel dan keterlibatan stakeholder. RSPO berkedudukan di Zurich, Swiss, dengan kantor sekretariat di Kuala Lumpur, Malaysia dan kantor cabang di Jakarta, Indonesia.

logo rspo

Logo RSPO

Website resmi RSPO (www.rspo.org) menyatakan bahwa RSPO memilliki visi “RSPO will transform markets to make sustainable palm oil the norm”, dengan misi – misi sebagai berikut:

  1. Untuk memajukan produksi, pengadaan, keuangan dan penggunaan produk minyak sawit berkelanjutan
  2. Untuk mengembangkan, menerapkan, memverifikasi, menjamin dan secara berkala meninjau standar global yang kredibel untuk seluruh rantai pasokan minyak sawit berkelanjutan
  3. Untuk memantau dan mengevaluasi, dampak lingkungan dan sosial ekonomi dari penyerapan minyak sawit berkelanjutan di pasar;
  4. Untuk terlibat dan melakukan semua pemangku kepentingan di seluruh rantai pasokan, termasuk pemerintah dan konsumen

Bentuk organisasi RSPO terinspirasi oleh roundtable (ksatria meja bundar) yang mana setiap anggota memiliki hak yang sama. Ada beberapa jenis keanggotaan tergantung pada besar biaya keanggotaannya. Adapun struktur organisasinnya, digambarkan dalam diagram berikut.

Struktur RSPO

Struktur RSPO

RSPO menyelenggarakan pertemuan tahunan antar anggotanya untuk membahas berbagai masalah seputar industri kelapa sawit. Pertemuan tahunan ke-11 akan diselenggarakan pada tanggal 11 November 2013 di Medan.

2 comments for “Mengenal RSPO

  1. Amirudin
    July 2, 2014 at 10:27 pm

    saya tertarik bisnis sawit tp syaratnya gimana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *